Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Cara Sederhana Untuk Mencapai Kebebasan Finansial

11 Cara Sederhana Untuk Mencapai Kebebasan Finansial
11 Cara Sederhana Untuk Mencapai Kebebasan Finansial


Kebebasan finansial atau bahasa kerennya freedom financial ialah tahap dimana seluruh asset atau invenstasi yang kita memiliki sudah bisa mengcover seluruh biaya hidup kita sehari-hari. Ketika anda mencapai kebebasan finansial anda tidak perlu lagi bekerja dan pensiun dini, menikmati hidup, menjalani hidup, mengejar karir yang kita sukai ataupun merintis usaha sesuai dengan passion anda dari awal.

Banyak orang yang gagal mencapai kebebasan finansial karena pola hidup konsumtif, banyaknya hutang, pengeluaran lebih besar dari penghasilan dan kurangnya perencanaan keuangan. Lumrah saja hal itu dapat terjadi pada kebanyakan orang, tapi anda bisa menghindari itu dan mencapai kebebasan finansial dengan mengikuti langkah-langkah sederhana berikut ini :

11 Cara Sederhana Untuk Mencapai Kebebasan Finansial

1. Mempunyai Tujuan

Pahami arti 'Kebebasan Finansial' menurut diri anda sendiri serta berapa banyak uang yang harus anda dapatkan dari tahun ke tahun, instrument investasi apa yang anda pilih, berapa kira-kita keuntungan yang anda dapatkan tiap tahunnya dan di usia berapa kira-kira anda sudah berada hampir mendekati kebebasan finansial atau sudah mencapai kebebasan finansial. Semakin spesifik tujuan anda semakin tinggi kemungkinan untuk mencapai kebebasan finansial sesuai dengan target yang anda tetapkan.

2. Mulai Membuat Anggaran

Mulailai membuat anggaran keuangan anda, misalnya anda menetapkan dalam satu hari anda menetapkan berapa uang yang anda keluarkan dan berapa uang yang tersisa untuk ditabung dari situ anda dapat melanjutkan ke anggaran bulanan dan mungkin tahunan. Anda dapat memprediksikan uang yang anda keluarkan dan anda dapatkan nantinya. Konsisten terhadap anggaran yang anda buat akan meningkatkan peluang suksesnya anda dalam mencapai kebebasan finansial

3. Kurangi Penggunaan Kartu Kredit

Salah satu indikator anda sudah mencapai kebebasan finansial ialah anda tidak mempunyai hutang ataupun kewajiban untuk dibayarkan. Jika memang anda masih menggunakan kartu kredit untuk kemudahan transaksi pastikan anda sanggup melunasi saldo tiap bulannya. Jadi intinya anda mempunya kartu kredit karena anda sanggup secara finansial bukan karena tidak sanggup secara finansial.

4. Tabungan Otomatis

Jika anda termasuk orang yang sulit menabung, cobalah untuk membuat satu rekening khusus dimana setiap kali anda menerima gaji secara otomatis akan langsung dipotong sesuai dengan saldo tabungan yang sudah anda tetapkan. Hal ini bertujuan untuk menghindari gaji bulanan tersebut habis untuk anda pakai

5. Investasi

Setelah anda sukses dengan menabung langkah selanjutnya ialah membuat uang yang sudah kita tabung bekerja untuk kita. Jangan tergiur dengan investasi yang menawarkan return yang tinggi dengan waktu yang cepat karena investasi itu sendiri ibarat bibit yang anda tanam dan terus tumbuh dari waktu-kewaktu sampai menjadi pohon dan berbuah. Ada beberapa instrument investasi yang dapat anda coba seperti : deposito, membeli emas, properti, saham, reksa dana ataupun menanamkan modal di Peer to Peer Lending (P2P). Sebaiknya pelajari dahulu benefit dan resiko dari investasi yang nantinya anda tetapkan.

6. Menjaga Nama Baik

Banyak orang yang tergiur dengan pinjaman online yang menawarkan pinjaman dalam waktu cepat dan tidak butuh proses yang rumit dan akhirnya tidak sanggup membayar dan berujung blacklist dari OJK. Anda bisa kesulitan nantinya jika suatu saat anda mengajukan pinjaman ke bank untuk KPR dan sebagainya.

7. Terus Update

Penuhi diri anda dengan informasi-informasi terbaru tentang dunia keuangan maupun dunia pasar modal. Dengan pengetahuan yang baik anda akan terhindar dari penipuan bodong dan menambah wawasan anda untuk memaksimalkan investasi anda yang sudah dijalani atau yang ingin dijalani

8. Merawat Yang Anda Miliki Saat Ini

Merawat segala barang yang anda miliki bisa membuatnya bertahan lebih lama dan anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli barang yang baru sehinggal pengeluaran anda pun tentunya berkurang dan anda bisa lebih hemat tentunya.

9. Hidup Berhemat 

Banyak orang kaya yang saat ini mengembangkan hidup simple atau minimalis sebelum mereka mencapai kebebasan finansial. Hal ini tentunya bisa kita aplikasikan, kita hanya perlu membuat penyesuain dengan menyaring barang-barang apa yang memang perlu di beli atau barang mana yang tidak perlu dibeli untuk saat ini.

Contohnya : kalau anda memiliki 1 jam tangan yang masih berfungsi untuk apa membeli jam lagi? kecuali anda membeli jam tersebut untuk membuat penampilan yang meyakinkan customer atau client anda.

10. Mempunyai Penasihat Keuangan atau Financial Planner

Mempunyai penasihat keuangam atau finansial akan membantu anda dalam pengambilan keputusan akan keuangan anda ataupun inventasi yang ingin anda lakukan. Jika mempunyai uang lebih anda bisa menyewa jasa mereka untuk membantu anda dan pilihlah penasihat keuang yang sudah mempunyai pengalaman ataupun mempunya sertifikat di bidang tersebut.Tetapi jika anda tidak ingin mengeluarkan uang untuk hal tesebut anda bisa mulai mencarinya dari youtube. Banyak penasihat keuangan yang tidak ragu memberikan untuk membagikan tips-tips keuangan dan investasi secara cuma-cuma di platform youtube. 

11. Menjaga Kesehatan

"Mencegah lebih baik daripada mengobati". Kata-kata tersebut masih sangat relevat dari dulu sampai sekarang dan mungkin selamanya. Kesehatan yang buruk akan menambah pengeluaran anda untuk biaya pengobatan dan lebih buruknya lagi anda harus pensiun dini dan kehilangan pemasukan. Jadi jaga kesehatan anda untuk menikmati hidup lebih lama dan menikmati kesuksesan finansial anda.










Posting Komentar untuk "11 Cara Sederhana Untuk Mencapai Kebebasan Finansial"